Ads 720 x 90

Hukum Shalat Tarawih Sebelum Isya

TARAWIH SEBELUM SHOLAT ISYA - Bolehkah Tarawih Sebelum Isya? Bagaimana Hukumnya? Apa hukum shalat tarawih dilakukan setelah shalat isya? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang sering mengemuka ketika di masjid atau musholla kita melihat orang yang belum shalat isya tapi sudah ikut tarawih. Atau orang yang datang ke masjid tiba-tiba ikut shalat tarawih sendiri sementara belum ikut jamaah isya.

Sebelum jauh membahas, mari kita tilik sejenak hukum shalat tarawih sendiri, makna di salat tarawih dan tata cara shalat tarawih itu sendiri. shalat tarawih hukumnya Sunnah mu’akad (Sunnah yang dianjurkan) yang di kerjaakan pada waktu bulan Ramadhan saja , mayoritas umat muslim mengerjakan dengan berjamaah agar mengerjakannya penuh dengan semangat . karna jumlah rokaatnya yang terbilang cukup banyak, lebih banyak dari pada Shalat Sunnah lainya dan jika dilakukan berjamaah akan lebih semangat dan tidak merasa bosan daripada shalat tarawih sendiri. walaupun berapa rakaat shalat tarawih lebih banyak,  Shalat Taraweh hanyalah Shalat Sunnah ,tidak mengerjakanya nya pun tidak apa apa tentunya. berapa lama salat tarawih? untuk itu tergantung pada imam masing masing , ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat ada yang hanya surah yasin satu ayat tersebut ada juga yang satu juz ada juga yang istiqomah dengan 1 juz yaitu juz 30 saja. jadi ada bacaannya surah pendek dan surah panjang.

Tapi sebagian orang menganggapnya tabu jika tarawih tidak dilakukan padahal Sunnah dimana hokum Sunnah “jika dilakukan mendapat pahala , jika tidak maka tidak akan mendapatkan apa-apa” . bahkan ada juga yang rela melakukan dan mengejar Shalat tarawih berjamaah sebelum melakukan Shalat wajibnya yaitu Shalat isya’ dan dia niat sholat tarawih dalam hati dan yaqin n bahwa dia akan melakukan qodho’ Shalat isya’. Dan sekarang muncullah pertanya’an


Apa hukum jamaah Shalat Sunnah Tarawih sebelum melakukan Shalat Isya ‘?



Mari kita bahas tuntas dari peertanyaan diatas sungguh jelas dia melakukan ibadah Sunnah terlebih dahulu dari pada ibadah Wajib . dia melakukan Shalat shalat tarawih dikerjakan setelah maghrib dan shalat Taraweh sebelum ibadah isya’.

Dan “hukum Shalat tarawih sebelum Shalat isya’ itu tidak sah” kata ustadz Suudin Aziz paparnya beliau salah satu Kiyai di Gubug Taqrib (padepokan ngaji di Bojonegoro) dosen IAI SUNAN GIRI Bojonegoro serta kiyai NU Bojonegoro Yang pernah dikirim untuk berdakwah di korea selatan tahun lalu 2018.

[Fatawa Ibnu Baz [Fatawa Nur ‘ala Ad-Darb, 2/903, dari Fatawa Islam, no. 128164].

Menurut beliau bahwasanya orang yang Shalat Tarawih sebelum Shalat isya hukumnya sama seperti Shalat Sunnah antara maghrib dan isya (shalat tarawih dilakukan setelah Shalat magrib benar atau tidak?) dan itu sah sah saja . akan tetapi bukan dikatakan Shalat Tarawih / Qiyam Ramadhan karena Qiyam Ramadhan dilakukan setelah Shalat Isya’. Batas waktu shalat tarawih adalah sampai sesudah Shalat isya dan sebelum terbitnya fajar sidiq (Shalat subuh ).

Jadi jika ada orang yang melakukan Shalat Tarawih sebelum Shalat isya’ hukumnya tidak sah . walopun dia beranjak akan menggantinya setelah usai Shalat Taraweh tersebut.

Semoga apa yang mimin sampaikan ini bermanfaat, dan apabila ada kesalahan mari kita bahas di kolom komentar dan itu bukan merupakan sebuah kesengajaan dan kurangnya ilmu yang mimin punya. Mari Belajar lagi. DBS
Bloklimasatu
adalah wadah untuk membagikan setiap informasi dan pengetahuan yang kami terima maupun ide dan cerita yang ada dalam pikiran untuk diketahui oleh banyak orang agar bisa bermanfaat bagi sesama.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter